Friday, March 15, 2013

Layout dan Daerah Segitiga Dapur (working triangle)



Area kerja utama di dapur berkisar di daerah segitiga antara kompor, lemari pendingin (fridge) dan tempat cuci (sink). Area kerja ini dikenal dengan nama “working triangle” atau bisa kita sebut juga sebagai area segitiga dapur. Peletakan tiga komponen utama dapur ini tidak boleh terlalu jauh (bisa menyebabkan kelelahan karena harus sering bergerak bolak-balik antara ketiga titik ini) dan tidak boleh pula terlalu dekat (mengganggu kenyamanan kerja). Idealnya jarak total ketiga titik ini tidak boleh melebihi 6 meter dan jarak antar titik 90 cm. Ini berarti menyisakan ruang kosong di kanan dan kiri masing-masing sebesar 45 cm. Konsep area segitiga ini bisa diterapkan di berbagai macam model layout dapur, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Bentuk Lurus Memanjang

Ini adalah bentuk yang paling gampang dibuat, sangat kompak dan semuanya terletak di satu garis,  namun sayang bentuk ini memiliki beberapa kelemahan; 1. bentuk ini tidak cocok untuk dapur dengan panjang lebih dari 3 m karena anda membutuhkan banyak langkah untuk menjangkau semua area, dan ini bisa sangat membuat anda kelelahan, 2. bentuk ini hanya cocok untuk ruang dapur yang kecil, jika anda memiliki ruang yang lebih lega, anda bisa membuat sebuah meja di tengah dapur (island) dan meletakkan kompor dan tempat cuci peralatan masak di meja ini. Namun terlepas dari semua kelemahannya, satu hal yang pasti; bentuk layout seperti ini cocok untuk kebanyakan dapur.










2. Bentuk U

Ini merupakan bentuk terbaik karena semua sisi dapur dapat dijangkau dengan mudah, namun harganya paling mahal. Bentuk U ini cocok untuk ruang besar ataupun kecil yang berbentuk bujur sangkar walaupun nantinya bentuk/layout ini akan terlihat besar di ruangan dapur yang kecil. Antara kedua sisi U harus diberi jarak minimal 120 cm untuk menyediakan ruang kosong ketika membuka laci di salah satu sisi. Salah satu kelemahan bentuk ini adalah kita tidak bisa meletakkan meja di tengah-tengah dapur.
  



 



                











3. Bentuk L

Layout ini terdiri dari dua kaki dinding yang saling tegak lurus. Ukuran panjang kaki-kaki bervariasi, bisa pendek ataupun panjang, bahkan salah satu kaki bisa dibuat sangat panjang jika tidak ada dinding pembatas antara dapur dengan ruang keluarga. Jika masih terdapat ruang kosong, anda bisa menambah meja island di tengah-tengah dapur dengan atau tanpa kompor di atasnya.





1 comments:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    ReplyDelete

Powered by Blogger.