Friday, March 15, 2013

Penataan Peralatan Memasak dan Bahan Makanan



Sebuah dapur yang rapi dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyiapkan makanan karena anda dapat menemukan peralatan dan bahan masakan dengan gampang dan cepat. Kuncinya ada di laci meja dan lemari kabinet anda. Jika dapur anda memiliki empat tingkat laci, anda dapat mengatur pengisiannya seperti dijelaskan di bawah ini:

Laci 1 (paling atas): Berisi barang/peralatan non-makanan (vitamin, buku dan kartu resep makanan); persediaan peralatan bersih-bersih (tissue, keset, bahan pembersih). Jika perlu barang-barang ini bisa dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak mudah diakses oleh anak-anak.

Laci 2 (selevel dengan mata): Berisi bahan pembuat kue seperti pengembang makanan (baking), tepung, gula, garam, bahan untuk membuat kue dan bahan dekorasinya, kemudian ditambah dengan saus (saus sambal, saus tomat, kecap dan salad dressing).

Laci 3 (di bawah tinggi mata): Berisi makanan kering seperti sereal, beras, pasta , roti, bahan pembuat pancake); kopi/teh (biji kopi, kantung teh, gula dan madu).

Laci 4 (paling bawah): Berisi makanan kaleng, entah itu sayuran ataupun buah-buahan); makanan kecil (kue-kue kering, permen, keripik dan crackers).

Sebelum mengatur laci-laci ini, pastikan bahwa anda sudah memperhitungkan kebutuhan (mungkin harus minum obat setiap hari) dan situasi (ada anak kecil di rumah). Tempelkan label pada laci-laci ini untuk memudahkan anda dan anggota keluarga dalam mencari bahan atau barang yang diperlukan. Ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran yang baik bagi anak-anak anda untuk belajar mengembalikan barang-barang kedalam wadah sesuai dengan labelnya masing-masing,

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.