Monday, March 18, 2013

Meja Dapur



Jika anda berencana untuk mendesain ataupun meremodel dapur anda, maka anda akan menghadapi beragam pilihan untuk countertop. Countertop dapat dibuat dari berbagai jenis material dan biaya yang harus dikeluarkan juga bervariasi tergantung pada material yang digunakan. Ketahanan dan kemudahan penggunaan material terkadang meningkat seiring dengan meningkatnya harga material, namun terkadang pula yang terjadi tidak selalu begitu. Ada beberapa bahan material yang tidak tahan lama ataupun user-friendly apalagi stylish. Bahkan anda bisa mempertimbangkan kaca sebagai material penutup cabinet bawah  (countertop)  anda.
Ujung-ujung countertop hendaknya dibiarkan sedikit keluar menggantung untuk melindungi meja cabinet dan juga untuk memudahkan kita untuk meraih benda di bagian belakang meja. Ketinggian countertop bergantung pada jenis material yang digunakan.
Berikut ini beberapa material countertop yang umum digunakan.

Meja Dapur Granit
Granit merupakan salah satu bahan material countertop paling mahal dan sekaligus paling elegan. Granit adalah batuan alam yang memiliki kekuatan dan ketahanan luar biasa.

Kelebihannya: Batuan ini tahan panas dan goresan, dan jika sudah dipoles dengan baik, granit juga menawarkan ketahanan dari noda.

Kekurangannya: Granit juga merupakan jenis material berpori sehingga harus dipoles secara teratur, beberapa di antaranya tiap tahun dan ada juga yang dari awalnya sudah dipoles dengan baik dan akan tahan hingga 10-15 tahun.
Countertop jenis ini menawarkan keunikan di pola dan tekstur yang tidak akan sama dengan countertop lain yang warnanya sama. Proses pemasangan granit harus dilakukan oleh professional.
Granit sangat cocok untuk cabinet yang berkualitas dan mahal, ia akan menambah kesan mewah pada dapur anda.

Meja Dapur Batuan Rekayasa
Countertop jenis ini juga dikenal dengan nama countertop Quartz countertop, terbuat dari 93% partikel quartz dan harganya sangat mahal. Countertop jenis ini dibuat di pabrik dan merupakan pengganti yang sepadan untuk bahan granit.

Kelebihannya: Ketahanan yang sama dengan bahan granit plus beberapa kelebihan lainnya, seperti lebih gampang dirawat dari pada batuan alam, tidak berpori sehingga tidak mengundang bakteri dan tidak harus dipoles seperti granit dan tersedia dengan beragam warna.

Kekurangannya: Harganya sangat mahal karena proses pembuatannya. Pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga professional.

Meja Dapur Sintetis
Permukaan sintetis merupakan material buatan yang terbuat dari plastik. Material ini memberikan kesan modern dan bersih dan tersedia dalam variasi warna dan desain, termasuk beberapa motif batuan alam.
Namun bagaimanapun juga, plastik tetaplah plastik, ia tidak sekuat material dari batuan alam, bahan ini tidak tahan panas dan goresan. Countertop jenis ini dapat dibuat tanpa sambungan, sink langsung dibuat menyatu, ujung-ujungnya dapat dibuat menebal dan backsplash are molded with the surface. Kerusakan karena benturan, terpapar panas dan bahan kimia bisa langsung diperbaiki hingga akan mengembalikan kondisinya seperti semula. Namun, ongkos perbaikannya tergolong mahal.

Kelebihannya: Mulus tanpa sambungan, anti noda dan tersedia dalam variasi warna yang beragam. Sink terintergrasi dengan countertop. Goresan bisa dihilangkan dengan perawatan yang baik.

Kekurangannya: Tidak tahan panas dan noda yang bisa merusak permukaanya. Harganya agak mahal.

Meja Dapur Laminasi
Countertop jenis ini sangat populer karena harganya termasuk murah dan tersedia dalam beragam pilihan warna dan pola. Countertop ini terbuat dari partikel kayu yang dilaminasi dengan plastik keras.

Kelebihannya: Permukaan yang solid, tidak berpori, gampang dibersihkan serta tersedia dengan berbagai variasi warna, tekstur dan desain. Proses pembersihannya hanya membutuhkan kain yang dibasahi cairan pembersih. Dan gampang dipasang, tidak memerlukan tenaga professional.

Kekurangannya: Gampang tergores dan tidak tahan panas tinggi sehingga hindari menaruh panci panas di atas permukaan laminasi ini. Air dapat merembes ke sambungan pada permukaan, sehingga hindari pemakaian air di dekat sambungan.
Countertop laminasi ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai keterbatasan dana, dan anda dapat membelinya di toko-toko khusus dapur. Proses pemasangannya termasuk mudah.

Meja Dapur Keramik
Material keramik termasuk tangguh dan gampang dibersihkan, harganya pun murah, sehingga lengkaplah ia mejadi pilihan murah meriah untuk menjadi permukaan meja dapur anda. Proses pemasangannya pun tidak rumit hingga bisa dilakukan oleh pemilik rumah.

Kelebihannya: tahan panas, gampang dibersihkan, banyak pilihan harga, desain, warna dan tekstur.

Kekurangannya: Permukaannya tidak rata, lembaran keramik gampang retak dan rompal, garis nat-nya gampang bocor dan ternoda, harga keramik dengan desain kustom sangat mahal.

Meja Dapur Kayu atau Blok Kayu
Permukayaan kayu menawarkan kesan hangat dan tersedia dalam beragam pilihan warna. Kayu keras seperti kayu maple dan jati biasanya banyak dijadikan sebagai permukaan meja dapur. Countertop jenis ini sangat bagus digunakan untuk mempersiapkan beragam jenis makanan.

Kelebihan: Gampang dibersihkan, dapat diamplas dan lapisi kembali. Sangat enak digunakan dalam aktivitas potong-memotong, bekas potongan dan goresan pun bisa disembunyikan dengan baik.

Kekurangannya: Pertama kali harus dipoles dahulu, setelah beberapa lama kayu bisa rusak oleh air dan noda. Goresan harus ditutup dengan menggunakan minyak sesuai petunjuk produsen.

Meja Dapur Marmer
Marmer termasuk material elegan yang patut diperhitungkan menjadi permukaan meja dapur anda. Material jenis ini adalah yang terbaik dan harganya pun sangat mahal.
Marmer biasanya diambil dari bebatuan yang mengandung unsur karbon yang terkristalisasi. Batuan ini kemudian dipotong menjadi kepingan dengan ketebalan tertentu.

Kelebihan: Paling cantik, tersedia dalam berbagai pola dan tekstur, tahan air dan panas.

Kekurangan: Berpori, gampang ternoda dan sulit untuk menghilangkannya, gampang patah sehingga harus dipoles setiap 2 atau 5 tahun sekali. Pemasangannya harus dilakukan oleh tenaga professional sehingga harga keseluruhannya menjadi sangat mahal.


Meja Dapur Stainless Steel
Stainless steel merupakan pilihan cocok yang menawarkan kesan kontemporer nan modern. Material ini kokoh dan tahan panas. Ia bisa dipesan sesuai dengan ukuran yang anda inginkan sehingga anda bisa mendapatkan sebuah permukaan meja tanpa sambungan dan sebuah sink yang terintegrasi.

Kelebihan: Tahan panas dan mudah dibersihkan.

Kekurangan: Mahal, berisik, bisa penyok dan biaya pemasangan juga mahal. Hati-hati terhadap abrasive pads karena bisa menggores permukaan.

 

Meja Dapur Soapstone
Soapstone biasanya berwarna abu-abu gelap dan permukaannya halus.

Kelebihan: Kaya warna yang gelap, tahan terhadap noda.

Kekurangan: Membutuhkan perawatan secara teratur dengan menggunakan minyak mineral, gampang retak dan semakin menghitam seiring dengan berjalannya waktu.





Meja Dapur Lembaran Beton
Jika anda ingin memiliki permukaan meja dapur dengan bentuk yang tidak biasa, beton adalah pilihan tepat. Harganya mungkin di atas kemampuan sebagian besar orang.

Kelebihan: Tahan panas dan goresan, dapat diwarnai, kesan eksotis dan unik, teknik perawatan terbaru bisa mencegah retak, zat additive bisa digunakan untuk mengurangi pori, bercita rasa seni, dapat dibuat dalam berbagai bentuk, seperti sink yang menyatu dan ujung-ujungnya bisa dibuatkan ornament-ornamen tertentu.

Kekurangan: Harganya termasuk mahal, ada kemungkinan retak suatu saat, berpori (tapi bisa ditutupi), tidak bisa menyembunyikan bekas potongan pisau.

 
Meja Dapur Kaca
Salah satu material terbaru yang digunakan untuk meja dapur, kaca dapat digunakan di hampir semua bentuk desain.
Permukaan meja bisa retak, rompal ataupun pecah jika benda berat jatuh ke meja. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki dan countertop harus diganti dengan yang baru.
Kerapuhannya serta harganya yang mahal membuat kaca lebih banyak digunakan pada meja pantry dan bar dari meja cabinet di dapur.

Kelebihan: Plihan warna, bentuk, tekstur dan ketebalan yang sangat beragam; hygienis dan bersih; tahan panas dan noda.

Kekuranga: Kaca juga bisa tergores, jadi jangan gunakan sebagai papan landasan untuk memotong; mudah meninggalkan jejak jari; ujung-ujungnya harus dibentuk membulat supaya tidak tajam.


2 comments:

  1. ** BANJIR BANJIR BANJIR UANG DI MEJA **
    VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
    ----------------------------------------------
    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker | Sakong (New Game) ----------------------------------------------
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    ----------------------------------------------
    Bonus Terbesar di VIPbandarQ
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
    2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
    ----------------------------------------------
    Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
    ----------------------------------------------
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
    CS ONLINE 24/7
    BBM : 55AB0E6C
    INSTAGRAM : VIPBANDARQORG
    SKYPE : VIPBANDARQ
    FACEBOOK : VIPBANDARQ
    www. VIPBANDARQ. org

    ReplyDelete

Powered by Blogger.